Memahami Konsep ISO Terbaru

Memahami Konsep ISO Terbaru - Hallo sahabat pecinta fotografi Kelas Fotografi Dunia, Pada Artikel kali ini dengan yang berjudul Memahami Konsep ISO Terbaru, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga isi postingan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Memahami Konsep ISO
Memahami Konsep ISO. Istilah ISO atau disebut juga ASA merupakan satu fitur yang terdapat pada kamera, ISO di definisikan sebagai suatu ukuran dalam mengukur seberapa tinggi tingkat sensitifitas sensor kamera terhadap faktor pencahayaan. Semakin besar level ISO yang ditetapkan, semakin besar pula sensitifitas dan besar cahaya yang didapatkan, alhasil semakin jelas pula kualitas gambar yang dhasilkan. Fitur ISO pada kamera biasanya terdapat di dalam exposure triangle, yaitu shutter speed, aperture dan ISO. 

ISO sangat bermanfaat dalam pengambilan suatu objek gambar sekalipun tingkat pencahayaan di sekitar objek kurang memadai. Itu artinya ISO bisa menambah sensitifitas cahaya yang didapatkan oleh suatu kamera, semakin tinggi tingkat ISO-nya maka semakin sensitifitas sensor kamera tersebut untuk menangkap cahaya untuk mencapai exposure yang tepat.

Selain mode auto, satuan nilai ISO pada kamera umumnya dimulai dari angka 50/100, 200, 400, 800, 1600, 3200 sampai dengan yang tertinggi mencapai 25000, biasa digunakan oleh seorang fotografer yang sudah pro. Level ISO di 50-80 cocok digunakan untuk objek dengan pencahayaan yang terang, ISO 200 cocok dipakai untuk hari cerah atau berawan, ISO 400 lazim dipakai untuk indoor atau untuk menangkap suatu momen. Selebihnya penentuan level ISO bisa dilakukan secara autodidak dengan cara terus menerus berlatih dan memotret beragam objek dalam berbagai tingkat  intensitas cahaya.

Kapan kita mesti menggunakan ISO?
Level ISO yang tinggi biasanya kerap digunakan pada suatu objek dengan intensitas pencahayaan kurang, misalnya pada saat malam hari atau di suatu ruang tertutup. Penggunaan ISO yang tepat bisa dilakukan ketika shutter speed dan aperture belum mendapatkan exposure atau pencahayaan yang tepat. Maka ketika momen seperti itu terjadi anda bisa menaikkan level ISO sampai anda mendapatkan cukup cahaya untuk memperoleh shutter speed yang ideal.

Berbicara mengenai ISO maka kita tidak bisa lepas dari istilah noise, karena disamping bisa menambah kemampuan sensitifitas cahaya, di lain sisi ISO juga bisa menimbulkan efek noise pada foto yang dihasilkan. 

Apa yang dimaksud dengan noise dalam hasil kamera?
Noise diartikan sebagai efek samping dari penggunaan sensor elektronik kamera yang tidak sempurna dalam mengumpulkan cahaya. Saya ilustrasikan sedikit, ibarat kita makan kacang, noise adalah kulit kacang sementara biji kacang adalah fotonya. Semakin banyak kacang yang hendak kita makan, semakin banyak pula kulit kacang yang tercecer.

Noise adalah akibat yang tidak diinginkan, namun pasti selalu muncul sebagai akibat dari tidak sempurnanya sistem kerja sensor kamera. Noise juga ditenggarai menjadi penyebab utama menurunnya resolusi dan detail gambar yang dihasilkan. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan munculnya noise : ISO, ukuran sensor kamera, kepadatan pixel kamera, waktu exposure dan shadow.   

Bagaimana cara mereduksi noise?
Pertama, gunakan level ISO yang lebih rendah. Kedua, aktifkan noise reduction. Ketiga, pilih kamera yang mumpuni, contohnya kamera full frame yang mempunyai efek noise yang lebih rendah dibandingkan dengan kamera crop dsb. Keempat,  gunakan software pengurang efek noise, misalnya : nik dfine, noiseware, lightroom dsb.

Dalam dunia fotografi secara umum, ada yang menganjurkan untuk menggunakan ISO pada level serendah mungkin. Hal ini tak lain untuk menghindari munculnya noise dan mendapatkan hasil jepretan yang tajam.

Terlebih jika hasil foto yang didapat kemudian di print dalam kertas berukuran besar, maka pemakaian ISO yang kecil menjadi hal yang mutlak untuk menghindari gambar pecah. Akan tetapi, hadirnya noise juga bisa memberikan efek dramatis pada gambar yang dihasilkan, contohnya pada mode gambar hitam-putih.

pengertian shutter speed pada kamera,pengertian iso pada kamera,pengertian aperture pada kamera
definisi iso,iso adalah singkatan dari,pengertian diafragma pada kamera,jenis jenis iso,apa itu iso game


Sekianlah artikel Memahami Konsep ISO Terbaru kali ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

0 Response to "Memahami Konsep ISO Terbaru"