Tips Fotografi Saat Traveling

Tips Fotografi Saat Traveling - Hallo sahabat pecinta fotografi Kelas Fotografi Dunia, Pada Artikel kali ini dengan yang berjudul Tips Fotografi Saat Traveling, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga isi postingan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Fotografi Saat Travel
Tips Fotografi Saat Travel. Saat liburan menjadi saat-saat yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Momen tersebut dimanfaatkan untuk menyegarkan pikiran dan melarikan diri sejenak dari kegaduhan aktifitas sehari-hari. Ada yang memilih untuk mengisi liburan dengan bermalas-malasan di rumah, bepergian di sekitar kota, pergi ke rumah sanak saudara, mengunjungi tempat wisata, atau bahkan bepergian keluar daerah. 

Kemanapun dan apapun kegiatannya, liburan menjadi momen beristirahat sejenak dari rutinitas yang kadang membosankan. Jika jatah liburan yang anda dapat cukup lama, sisihkan waktu sehari untuk beristirahat dan sisanya bepergian ke tempat-tempat favorit anda atau ke tempat yang jarang dan bahkan belum pernah anda datangi sebelumnya. Tidak perlu jauh, banyak tempat wisata yang ditawarkan berada di kota-kota besar.

Jika memang tempat wisata di sekitar tempat anda tinggal sudah sering anda datangi, cobalah untuk travelling keluar daerah atau mungkin keluar negeri. Anda bisa mencobanya dengan memilih beberapa tempat wisata yang ada di luar daerah namun tidak terlalu jauh dari tempat anda tinggal. Gunung, pantai, bukit, atau pedesaan tradisional serta daera terpencil namun memiliki pemandangan menakjubkan dapat menjadi tempat pilihan anda untuk melakukan travel saat liburan. 

Selain menjadi sarana penyegaran diri, bagi anda para pecinta fotografi akan menemukan kesenangan dengan mengabadikan berbagai objek baru yang belum pernah anda lihat sebelumnya. Suasana baru, tempat baru, orang-orang baru, serta rutinitas berbeda dari biasanya akan menjadi penambah pundi-pundi foto di kamera anda. Selain penyegaran bagi pikiran, tentunya ini menjadi penyegaran bagi kamera anda dengan adanya foto-foto baru yang berbeda dari biasanya. 

Selain itu, hal ini juga dapat menjadi sarana mengasah kemampuan anda memotret. Hal yang harus dipersiapkan tentunya sudah anda pahami, peralatan pribadi, tiket, dan kamera tentunya menjadi hal yang wajib dibawa.Jangan lupa pula persiapkan mental yang kuat untuk segala kemungkinan, karena kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi saat travel nanti. Berikut ini penulis memberi beberapa tips agar mengambilfoto saat travel anda lebih unik dan indah dilihat.

Rencanakan Perjalanan Dengan Baik
Rencana perjalanan yang baik tentunya akan menentukan seperti apa perjalanan anda nantinya.Walau kita tidak pernah tahu akan masa depan yang akan terjadi, perencanaan perjalanan adalah langkah awal yang baik untuk sebuah travel. Selain rencana perjalanan itu sendiri, pikirkan juga kebutuhan fotografi anda selama disana. 

Pastikan kamera anda sudah dipersiapkan dengan baik. Isi penuh kamera anda untuk menghindari kehabisan energi saat akan memotret. Pastikan charger kamera juga dibawa, jika sewaktu-waktu kamera anda kehabisan energi. Jika memang perlu, bawalah baterai cadangan. Kosongkan memori penyimpanan kamera agar anda dapat memotret gambar saat travel sebanyak-banyaknya. Bawalah memori penyimpanan cadangan jika diperlukan, atau laptop untuk memindahkan gambar dari memori jika anda tidak mempunyai memori cadangan.

Bawa Peralatan Yang Ringkas
Karena anda sedang travel, lupakan peralatan anda yang berat. Bawalah peralatan yang ringkas dan mudah dibawa-bawa. Karena saat travel anda membutuhkan ruang gerak yang cukup. Apalagi jika anda travel menggunakan kendaraan umum, anda akan membutuhkan ruang gerak yang cukup besar. Belum lagi untuk menjaga barang bawaan anda dari tangan-tangan usil. Untuk itu lah sebaiknya anda meninggalkan peralatan yang berat dan tidak ringkas. 

Bawalah peralatan fotografi seperlunya, jangan bawa lensa yang berlebihan. Jika anda mempunyai kamera pocket atau kemra mirrorless yang lebih ringkas dari kamera DSLR, maka ini waktu yang tepat untuk menjajal kemampuan kamera tersebut. Menggunakan kamera yang lebih ringkas dari DSLR akan membuat kita tampak seperti turis, bukan fotografer dan akan membuat yang difoto menjadi lebih friendly.

Cari Informasi Mengenai Tempat Tujuan Anda
Sebelum berangkat ke tempat tujuan travel anda, ada baiknya anda mencari tahu tentang tempat tujuan anda tersebut. Tempat-tempat wisatanya, apa saja ciri khas daerah tersebut. Informasi tersebut dapat menjadi dasar anda untuk mencari objek fotografi. Cari tahu juga spot-spot fotografi di tempat wisata daerah yang akan anda tuju. 

Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya agar ketika disana, anda tidak akan kebingungan. Apalagi jika tujuan travel anda adalah tempat yang baru anda kunjungi untuk pertama kali. Jangan ragu untuk bertanya pada rekan sesama pecinta fotografi mengenai informasi tempat yang akan anda tuju. Jika anda sudah pernah datang dan memotret di tempat yang akan anda tuju, usahakan memotret dari spot, angle dan waktu yang berbeda agar foto yang dihasilkan berbeda dari sebelumnya.

Komunikasi Dengan Penduduk Lokal
Hal yang satu ini memang agak sedikit sulit, khususnya untuk anda para pemalu. Namun jangan jadikan hal ini sebagai penghalang, tantang diri anda dan anggap ini suatu pengalaman baru. Jangan ragu untuk membuka komunikasi dengan warga sekitar. 

Baik itu untuk meminta informasi atau meminta izin untuk memotret. Jika ingin memotret warga sekitar, cari lah yang karakternya menarik agar foto yang dihasilkan unik. Mintalah izin dengan sopan kepada warga yang akan kita foto agar tidak terjadi kesalahpahaman. Biasanya mereka akan senang hati dipotret oleh kita. Baca juga Tips berburu sunset/sunrise.

tips fotografi hp,tips fotografi model,teknik fotografi profesional,teknik dasar fotografi,tips fotografi outdoor,tips trik fotografi,belajar fotografer model,hasil fotografi


Sekianlah artikel Tips Fotografi Saat Traveling kali ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

0 Response to "Tips Fotografi Saat Traveling"