Teknik Dasar Fotografi Wajib Diketahui

Teknik Dasar Fotografi Wajib Diketahui - Hallo sahabat pecinta fotografi Kelas Fotografi Dunia, Pada Artikel kali ini dengan yang berjudul Teknik Dasar Fotografi Wajib Diketahui, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga isi postingan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Teknik Dasar Fotografi Wajib Diketahui 


Teknik Dasar Fotografi Wajib Diketahui. Sebagai seorang pemula dalam dunia fotografi, tentunya akan bingung sekali apa yang harus dilakukan, sementara tidak mempunya teman atau dekat dengan orang yang mengerti kamera.

Belajar otodidak tentang kamera tentunya bisa sekali, tapi harus bisa dibarengi dengan praktek. Karena ilmu di dunia fotografi, harus banyak-banyak praktek, dan jam terbang seorang fotografer tak pernah membohongi.

Teknik Dasar Fotografi

Kenali Kamera
Di bagian pertama harus punya dulu kamera, atau setidaknya saat membaca tulisan ini Anda megang kamera, baik kamera dslr, mirrorless, atau bahkan kamera ponsel.

Karena sangat wajib sekali, mengetahui kamera. Dengan mengenali kamera, akan mempermudah dalam mengatur, tombol-tombol, dan informasi yang ada pada kamera, dengan begitu bisa lebih mempermudah dalam pengambilan gambar, tidak pusing dan mutar-mutar dulu di pengaturan baru mengambil objek.

Segitiga Exposure
Setelah mengenal kamera, maka di kamera ada segitiga exposure yang sangat berpengaruh dalam hasil gambar, karena kamera adalah seni cahaya. Maka di segitiga exposure ada 3 bagian:

ISO
ISO adalah singkatan Organisasi Internasional untuk Standardisasi merupakan pengatur tingkat sensitifitas sensor terhadap cahaya yang masuk.

Semakin tinggi ISO (angka kecil) maka semakin sedikit cahaya yang masuk. Begitupula jika renda ISO (angka besar) maka akan banyak cahaya yang masuk.

Shutter Speed
Shutter speed adalah kecepatan saat pengambilan objek, semakin tinggi angka shutter maka semakin cepat merekam atau mengambil cahaya yang masuk.

Diafragma/Aperture

    Teknik Pengambilan Gambar
    Pengambilan kamera mempunyai teknik sendiri, jadi ketika mengambil gambar, Anda sudah tahu bagaimana hasilnya nanti jika sudah dalam frame, untuk mengetahui hal tersebut harus paham tekniknya, baca: teknik pengambilan gambar.

    Kebutuhan Lensa
    Untuk awal-awal sudah sangat cukup dengan menggunakan kamera bawaan (KIT), tetapi jika jam terbang sudah sering dan sering ikut komunitas atau gabung ke projek orang lain. Maka kebutan lensa bisa sesuaikan dengan apa yang Anda butuhkan sekarang. Bisa lensa wide, macro, atau fix.

    Editing
    Dunia fotografi tak lupung dari editing, sebagai fotografer harus bisa jadi editor sebuah gambar, karena gambar hasil kamera tanpa editing rasanya seperti makan tanpa lauk. 

    Jadi, biar gambar lebih terlihat "wah" dan sesuai dengan kebutuhan, diperlukan editing. Tapi, ingat tak perlu berlebihan saat editing, karena akhirnya akan menghilangkan cerita dari gambar tersebut. 

    Dari teknik dasar fotografi wajib diketahui baik pemula atau pro di atas sudah semoga membantu Anda dalam kebingungan belajar fotografi.


    Sekianlah artikel Teknik Dasar Fotografi Wajib Diketahui kali ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

    0 Response to "Teknik Dasar Fotografi Wajib Diketahui"