Tips Fotografi Untuk Pemula

Tips Fotografi Untuk Pemula - Hallo sahabat pecinta fotografi Kelas Fotografi Dunia, Pada Artikel kali ini dengan yang berjudul Tips Fotografi Untuk Pemula, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga isi postingan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Tips Fotografi Untuk Pemula
Tips Fotografi Untuk Pemula. Berstatus sebagai seorang pemula dalam menjalankan suatu kegiatan bukanlah suatu penghalang bagi siapapun, begitu pula bagi mereka yang saat ini sedang mendalami dunia fotografi. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa perkembangan teknologi semakin hari semakin canggih, begitu pula dalam dunia fotografi. Sejumlah teknologi kamera terbaru kini sudah banyak beredar luas, mulai dari kamera polaroid, kamera film hingga kamera digital (kamera saku, kamera superzoom, kamera digital slr). 

Tidak berlebihan kiranya jika jenis kamera digital saat ini dipilih oleh banyak orang disamping karena variannya yang lebih banyak, keunggulan fitur didalamnya dan yang terpenting kamera jenis ini sangat mudah digunakan sehingga banyak dipilih oleh masyarakat baik mereka yang masih pemula maupun yang sudah pro dalam dunia jepret.

Bagi siapapun yang saat ini sedang mendalami dunia fotografi baik itu secara autodidak ataupun kursus tentunya sudah pernah membaca atau mendengar sejumlah tips fotografi untuk pemula dari berbagai sumber, baik itu tips fotografi untuk sekedar hobi ataupun karena memang ingin menjadi fotografer pro kelak. Berikut kami kumpulkan sejumlah tips fotografi untuk pemula yang wajib anda ketahui.

Tips Fotografi untuk Pemula

Beli Kamera Sesuai Jenis Kebutuhan 
Kamera yang ideal bagi seorang pemula tentu saja kamera yang tidak terlalu mahal, cukup bisa diandalkan dalam segala momen dan tentunya mudah untuk digunakan. 

Kenali dan Pahami Cara Kerja Semua Fitur di Kamera
Fotografer pemula sebaiknya membaca buku manual secara tuntas dan lakukan penjajakan fitur dan tombol pada kamera. Penentuan fitur mode pada kamera slr bisa disesuaikan sesuai dengan objek yang akan diambil, apakah itu auto mode atau manual mode semuanya disesuaikan dengan hasil seperti apa yang hendak kita tangkap.

Belajar Cara Memegang Kamera
Memegang kamera secara stabil sangat menentukan kualitas hasil gambar yang ditangkap. Oleh karena itu tangan yang bergerak atau jari yang bergetar saat mengambil gambar menjadi hal yang harus dihindari. Tetapi bila kendala sulit untuk diatasi maka anda harus mempertimbangkan untuk membeli tripod (kaki kamera).

Fokus pada Objek yang Akan di-capture
Menangkap objek yang diam dan yang sedang bergerak tentu saja membutuhkan fokus yang juga berbeda dan ini tentu perlu latihan dan experiment yang berulang-ulang. Hal ini tentu berkaitan dengan pengaturan kamera, misalnya pengaturan ISO (kepekaan cahaya), aperture (bukaan lensa) ataupun shutter speed (rentang waktu ketika kita memencet tombol hingga tombol kembali ke posisi semula).

Menentukan Angle 
Pengambilan angle suatu objek bisa dipelajari secara bertahap, kemampuan ini menuntut feels dari sang fotografer.  

Memperhitungkan Intensitas Cahaya  
Perbedaan intensitas cahaya, baik kurang, cukup ataupun berlebih memerlukan settingan mode yang berbeda pula dan ini bisa dipelajari secara autodidak hasil kebiasaan.  

Eksperimen dan Terus Berlatih
Belajar fotografi berarti harus benar-benar mengusung prinsip kebebasan bereksperimen dan jangan takut jika hasil gambar yang kita tangkap ternyata tidak bagus. Kemampuan fotografi seseorang sangat ditentukan oleh jam terbang dan seberapa sering rutinitas ini dilakukan. Itu artinya kita jangan bosan untuk belajar men-jepret objek dan selalu siapkan kamera slr anda kemanapun anda pergi, anda tentu tidak mau momen-momen penting dalam hidup berlalu begitu saja bukan?

Membuka Diri
Tidak menutup diri untuk terus belajar dan bertanya. Bersikaplah terbuka dalam menerima saran dan masukan dari orang-orang disekitar anda yang lebih paham dunia fotografi.

Dari berbagai tips fotografi untuk pemula di atas silahkan anda coba dalam beberapa bulan kedepan, kami jamin fotografi kamu akan terus mahir.


foto by pexels.com

teknik fotografi dasar,tips trik fotografi,belajar fotografer dengan kamera hp,teknik fotografi profesional,hasil fotografi,belajar fotografer model,kamera untuk fotografer pemula,teknik fotografi model
 


Sekianlah artikel Tips Fotografi Untuk Pemula kali ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

0 Response to "Tips Fotografi Untuk Pemula"