Apa itu Segitiga Exposure?

Apa itu Segitiga Exposure? - Hallo sahabat pecinta fotografi Kelas Fotografi Dunia, Pada Artikel kali ini dengan yang berjudul Apa itu Segitiga Exposure?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga isi postingan ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Segitiga Exposure
Apa itu Segitiga Exposure? Segitiga Exposure adalah istilah untuk tiga elemen dasar exposure: Shutter Speed, aperture, dan ISO. 3 elemen dasar ini saling bekerja sama untuk mendapatkan cahaya yang pas dan masuk pada kamera. 

Hal ini sebetulnya sudah umum dikalangan fotografi, tetapi karenanya meningkatknya pengguna kamera saat ini, dan beberapa fotografer baru atau yang hanya hobi harus mengetahui segita exposure ini. 

Segitiga Exposure

Shutter Speed
Pada saat cahaya masuk ke kamera, bisa di atur secepat apa yang kita inginkan. Karena semakin cepat shutter yang kita ambil, maka semakin jelas objeknya. Sebagai contoh mengambil objek orang bergerak, seperti olahraga, anak kecil, maka gunakan 1/200 s (detik) bahkan bisa lebih, bisa disesuaikan. 

Tetapi bila ingin blur, seperti pengambilan cahaya pada malam hari menjadi lembut bisa gunakan 1 s atau 0,1 s. Dan ingat untuk pengambilan objek dengan menggunakan kamera di tangan harus minimal gunakan shutter speed 1/60s.

Aperture
Aperture atau Diafragma mengatur bukaan cahya yang masuk. Semakin kecil angka maka semakin besar cahaya masuk, begitu pula kebalikan jika angka besar maka kecil cahaya akan masuk.

Dan penulisan aperture menggunakan atau dilambangkan hufuf "f" misal f/1.8, f/2.8.

ISO
ISO adalah sensitifitas sensor kamera terhadap cahaya yang masuk. ISO biasanya minimal 100. Semakin kecil angkanya, maka semakin bagus cahaya yang masuk dan sedikit menghilangkan noise atau bintik-bintik merah pada gambar.

ISO bisa dikondisikan dengan keadaan, tapi standarnya ISO adalah 100, tetapi bila ISOnya maksimal besar, biasanya noisi tidak terlalu terlihat di hasil gambar.

Memahami konsep segitiga exposure di atas, tentunya sangatlah mudah untuk dipahami, karena di antara 3 elemen ini saling membutuhkan, bila iso tidak memungkinkan di angka kecil, maka shutter dan aperture bisa di angka kecil.

pengertian exposure dalam fotografi,rumus segitiga exposure,apa yang dimaksud dengan segitiga eksposur,segitiga exposure pdf,rumus fotografi,segitiga photography,fungsi segitiga exposure,memahami exposure


Sekianlah artikel Apa itu Segitiga Exposure? kali ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

0 Response to "Apa itu Segitiga Exposure?"